Aloysius Suryawan, dr SpOG

RUMAH BERSALIN PERMATA HATI

Rumah Bersalin (RB) Permata Hati yang bertempat di Jl. TKI Raya no 99A didirikan pada tgl 27 Januari 2008 atas prakarsa dr. Aloysius Suryawan, SpOG (K), dr. Robyanto, SpOG dan Prof. Dr. dr. Eddy Suparman, SpOG (K) sebagai wujud kepedulian terhadap pelayanan kesehatan di daerah Bandung Selatan pada umumnya dan Kopo pada khususnya.

Saat didirikan, RB Permata Hati didukung oleh 2 dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, seorang dokter spesialis anak, beserta 5 staf bidan dan perawat, serta apotik yang menyediakan keperluan obat-obatan bagi pasien RB dan masyarakat disekitarnya. Fasilitas yang diberikan adalah pemeriksaan kandungan dengan USG 4 dimensi, pelayanan melahirkan normal, KB dan rawat inap. Bangunan terdiri dari dua lantai, lantai dasar meliputi pelayanan poli spesialis dan gigi sedangkan lantai dua merupakan tempat rawat inap dan ruang bersalin. Ruang rawat inap yang tersedia meliputi satu kamar VIP, satu kamar kelas 1, dua kamar kelas 2 danĀ  tiga tempat tidur untuk kelas 3.

Seiring dengan perkembangannya, RB Permata Hati mulai berbenah. Struktur organisasi mengalami restrukturisasi. RB Permata Hati dinaungi oleh Yayasan Permata Hati dengan dr. Aloysius Suryawan, SpOG (K) sebagai Ketua Yayasan. RB Permata Hati sendiri dipimpin oleh dr. Theresia Monica Rahardjo, SpAn, MSi sebagai Direktur dan dr. Vita Rahmawati MHKes sebagai Wakil Direktur, didukung dengan staf terkait dari divisi bidan, perawat dan apotik.

Program pelayanan juga diperbaiki dan makin ditingkatkan. Saat ini bagian poli spesialis didukung oleh 2 dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan konsultan fetomaternal (subspesialisasi perkembangan janin), 1 orang dokter spesialis anak, 1 orang dokter spesialis bedah, 1 orang dokter spesialis penyakit dalam, 1 orang dokter spesialis anestesi, pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta dokter umum. Selain USG 4 dimensi, program unggulan lain adalah persalinan tanpa nyeri (ILA/Intra Labour Analgesia) yang sangat diminati para ibu. Senam hamil, pijat bayi dan konsultasi ibu dan anak serta tumbuh kembang anak merupakan program lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Selain itu, RB Permata Hati sedang dalam tahap pembangunan dan peningkatan status menjadi Klinik Utama Permata Hati. Pembangunan fisik telah dilakukan sejak bulan Juli 2012 dan diperkirakan akan rampung pada bulan Oktober 2012. Bangunan akan terdiri dari 4 tingkat, lantai dasar meliputi pelayanan poli spesialis, apotik dan IGD. Lantai dua termasuk ruang bersalin dan ruang rawat inap kelas VIP, 1 dan 2. Kamar operasi, ruang pemulihan, dewan direksi terletak di lantai tiga. Lantai 4 merupakan ruang rawat inap kelas 3 dan ruang pertemuan serta roof healing garden.

Demikian sekilas tentang RB Permata hati, sesuai dengan semboyannya Health, Love and Care, selalu berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat disekitarnya.